Cara Membuat Ikan Dari Kertas Karton

Lauk Warna-Warni dari Kertas

Hasta karya untuk momongan-anak asuh haruslah mudah dan terlambat. Peristiwa terpenting yang harus diingat merupakan, aktivitas yang mereka bikin buat membuat pekerjaan tangan atau kerajinan tangan itu semestinya menghibur. Penggunaan rona-warni yang menganjur dan susuk nan tersisa puas prakarya lauk dari kertas warna-warni ini sangat sejadi untuk anak-anak umur TK atau SD kelas 1 atau 2 dan 3. Lihatlah, bagaimana bentuk dasar tubuh ikan dibuat hanya dengan lipatan akordion, seperti saat mereka membuat kipas-kipasan dari kertas yang sudah sangat umum mereka buat. Bagaimana? Rupawan bukan? Cara mewujudkan dan bahan-bahannya sangat mudah diperoleh dan murah. Terpenting, anak boleh bekerja mengkombinasikan rona-warna favorit mereka. Bahkan, mungkin saja hasilnya cukup bagus buat ditempel di dinding kamar alias pintu mereka, atau di tembok kelas sebagai hiasan ornamental.

Alat dan Bahan

Adapun alat-alat dan bahan yang digunakan untuk membuat hasta karya anak berbentuk ikan rias di atas adalah perumpamaan berikut:

  • Kertas corak-warni. Saya memperalat kertas origami ukuran 16 cm x 16 cm.
  • Lem kertas
  • Spidol bikin batik mata ikan
  • Gunting

Baca Pula:

Cara Takhlik Berudu Daluang untuk Hiasan Dinding Anak
Hiasan Dinding Cantik Berbentuk Kupu-Kupu

Mandu Mewujudkan

Berikut ini adalah langkah-langkah mandu membentuk paesan dinding bagi prakarya anak-anak berbentuk ikan aneka macam dari kertas dengan disertai kerangka-gambar:

  • Ambil sehelai plano rona biru (saya memperalat kertas origami dimensi 16 cm x 16 cm). Lalu lipatlah dengan obrasan akordion. Kemudian lipat menjadi 2 fragmen. (Perhatikan Lembaga 1, 2, dan 3).

  • Satukan dua sisi lipatan dengan perekat sehingga kertas menjadi berbentuk seperti kipas (Gambar 4). Bagian ini akan menjadi bodi ikan. Sisihkan.
  • Selanjutnya kita akan mewujudkan ekor. Saya mencuil selembar kertas origami warna kuning ukuran 16 cm x 16 cm. Tikam plano ini menjadi 4 bagian yang sebanding besar. Cabut salah satu dan simpan yang lainnya bakal pesanan prakarya mendatang. (Gambar 5).
  • Dengan cara yang setimpal seperti yang kita lakukan dengan kertas dramatis, lipat kertas kuning dengan keliman akordion, lipat dua, lalu satukan arah dalamnya dengan perekat kerjakan membentuk kipas. Pasti sekadar kali ini ukuran kipas menjadi lebih kecil semenjak kipas warna biru. Ambillah, kipas berwarna kuning ini akan jadi ekor iwak kita. (Bentuk 6).
  • Selanjutnya tempelkan dengan lem ekor ikan lega badannya sebagaimana Gambar 7. Biarkan beberapa saat sampai lem mendalam kering. Sisihkan.
Baca :   Cendo Xitrol Untuk Bintitan

  • Sekarang saya mengambil kertas berwarna sirah. Gunakan sisa proyek pekerjaan tangan sebelumnya nan mungkin anda simpan. Kita tetapi memerlukan sedikit namun untuk mewujudkan sirip nan akan di tempel di dekat ketua (bagian gonjong) berpunca badan. Perhatikan Kerangka 7 dan 8.

  • Selanjutnya saya mengambil irisan kertas lain yang berwarna kuning cerah. Ini akan kita untuk menjadi mata. Caranya gampang. Gambarla sebuah lingkaran dengan spidol, lalu buat garis lekuk di tengang lingkaran itu, dan pasrah sebuah bintik yangagak besar di babak bawah garis lekuk tersebut. Anak-anak yang bertambah muda tentu membutuhkan sambung tangan orang dewasa untuk membuat mata ikan ini. Gunting dan tempelkan di dekat ujung lancip tubuh ikan kita sebagai halnya pada Gamabr 9 dan 10 berikut.

  • Ta..raaa….. Ikan kita telah radu. Bagus sekali bukan, penuh warna dan singularis.
  • Buatlah beberapa ekor lakukan ditempel dan dijadikan hiasan dinding atau diletakkan di dalam lis. Serah background corak yang menyedot.

Demikian kamil prakarya momongan berbentuk lauk aneka macam dari kertas. Mudah sekali ya cara membuatnya. Sepatutnya berjasa dan menginspirasi. Wassalam.

Baca Sekali lagi:

Mewujudkan Boneka dari Plano Bekas

12 Cara Membuat Rente dari Dagangan Alumnus

Cara Mewujudkan Patungpatung Jeluang lakukan Anak TK

Berkarya dengan Anak: Membuat Kerangka Maya

Prakarya dari Sedotan Plastik: Rancangan Panah

Hasta karya berusul Daun Kering

Ayo Membuat Mainan Tradisional Cangkirik semenjak Skor Karet

Cara Membuat Ikan Dari Kertas Karton

Source: http://novehasanah.blogspot.com/2015/07/contoh-prakarya-anak-ikan-kertas.html

Check Also

Iklan Lowongan Pekerjaan Beserta Surat Lamarannya

Iklan Lowongan Pekerjaan Beserta Surat Lamarannya Surat Lamaran Kerja Berdasarkan Iklan – Dibuat maka itu …