Cara Membuat Ondel Ondel Dari Botol Aqua

Cara Membuat Ondel Ondel Dari Botol Aqua

Kalau beliau mengira botol plastik jebolan minuman sahaja dijadikan produk rombengan itu keseleo! Karena di tangan Jaja Santoso, botol-botol plastik ini dikumpulkan kemudian buat menjadi boneka lucu idiosinkratis Jakarta yakni Ondel-ondel.



Biasanya miniatur ondel-ondel rajin dipajang secara bersebelahan antara ondel-ondel dara dan ondel-ondel lanang, berikut ini bilang transendental desain kerajinan ondel-ondel yang dibuat dari botol teh pucuk alias botol plastik gelanggang :


Saya ingin memposting ancang-anju pembuatan karya daur ulang terbit sampah plastik yang dibuat untuk maskot Ibukota Jakarta yaitu Ondel-Ondel, tepatnya adalah membuat Miniatur Ondel-Ondel. Semoga kegiatan ini dapat mengurangi limbah yang ada di sekitar kita, dan menjadi lebih signifikan serta membuat lingkungan menjadi bersih.

Miniatur Ondel-Ondel

  • Bahan
    :
  • Pipet Ajang
  • Botol Air Mineral Alumnus
  • Dus Bekas
  • Plastik Kresek Tamatan
  • Kenur plastik
  • Alat
    :
  • Gunting
  • Doubletip
  • Cutter
  • Lilin
  • Jarum
  • Lidi/bambu
  • Cara Membuat
    :
  • Siapkan sesapan medan, pilihlah sesuai warna yang diinginkan.
  • Siapkan botol tamatan air mineral bikin badan ondel-ondel.
  • Botol bekas air mineral ditempel dengan doubletip mengelilingi pot itu sebanyak 3 bagian di ujung atas vas, ditengah botol, dan di ujung sumber akar jambangan.
  • Tempelkan sedotan pada pot yang telah dipasang doubletip sampai mengelilingi seluruh pot itu.
  • Siapkan plastik bekas dan krdus jebolan untuk membuat kepala ondel-ondel.
  • Gunting plastik berbentuk persegi sebanyak barangkali, pasca- selesai tumpuk menjadi satu dan diikat dengan tali plastik dan bagi mengembang plastik itu.
  • Tempelkan karton ajang yang telah dibuat pola lingkaran dengan doubletip.
  • Pasangkan pejabat ondel-ondel dengan doubletip ke bagian tutup vas.
  • Siapkan kancing mantan lakukan membuat netra ondel-ondel dengan menempelkannya ke kepala ondel-ondel. Untuk berbentuk bibir dengan menggunakan sedotan lalu ditempel.
  • Siapkan sedotan minus buat membuat tangan ondel-ondel, dengan menggabungkan beberapa sedotan dan ditempel dengan doubletip. Sehabis itu ditempel di bagian kedua sisi ondel-ondel. Jangan lupa membentuk sebagaimana deriji-deriji ondel-ondel di ujung tangan itu.
  • Ondel-ondel sudah akrab kaprikornus, tapi agar lebih mengganjur dan lain ada kesan kosong dan hendaknya makin mirip kita tambahkan aksen tasel sreg ondel-ondel hingga menyerupai rok. Kaidah membuatnya masukkan sedotan ke dalam lidi/bambu dahulu kita potong menyilang mengelilingi pipet itu hingga ujung sedotan, apabila mutakadim jadi akan menyerupai per nan biasa di tarik panjang. Buat sebanyak mana tahu.
  • Setelah selesai pembuatan gunjai, pasangkan ke badan ondel-ondel, di adegan tengah hingga melingkari tubuh ondel-ondel.
  • Sesudah selesai memasang kita buat hiasan bunga berusul pipet, nan tinggal melipat-bekuk sesapan dengan pola zigzag. Tempelkan ke bagian badan atas ondel-ondel.
  • Ondel-ondel sekali lagi sudah makara, lakukan memperkencang kita kuatkan tempelan itu dengan menghangatkan jarum ke lilin lalu di tusukkan ke bagian seperti lengan, rumbai-rumbai, dan riasan anak uang.buat memperteguh anak kunci tempel.
  • Kita bisa menambahkan aksen tambahan sesuai keinginan, agar lebih menyentak lagi bisa memasang pita dan lain sebagainya.
Miniatur Ondel-Ondel


Baca :   Kolase Dari Kertas Lipat





Ondel-Ondel Betawi

Ondel-ondel dikenal ibarat keseleo satu kesenian tersendiri Betawi. Bahkan sekarang ini kita dapat melihatnya berkeliling dari satu tempat ke tempat lain.

Penolak Bala

Sebelum dikenal sebagai kesenian idiosinkratis Betawi, Ondel-ondel merupakan wujud penolak bala maupun kerugian yang dikenal dengan nama ‘Barongan’. Bentuknya yang janjang-besar rupanya dianggap sakti perumpamaan penolak bala.

Oleh karena itu, membuat ondel-ondel tidak bisa menceracam. Ondel-ondel identik dengan sesajen weduk bubur ahmar-putih, rujak-rujakan sapta rupa, bunga tujuh diversifikasi, serta asap kemenyan. Hal ini taat dilakukan saat ondel-ondel sudah selesia sibuat.

Pemain sandiwara ondel-ondel juga senantiasa berbuat seremoni pembakaran kemenyan. ‘Ngukup’ begitulah awam Betawi menyebut ritual tersebut.

Berapatan

Label ondel-ondel yang sayang kita dengar, ternyata bermula dari kata ‘gondel-gondel’ yang memiliki arti menggantung atau bergandul. Kata tersebut didasari oleh gerakan ondel-ondel yang terlihat berayun saat bepergian.

Ondel-ondel suka-suka nan laki-laki dan ada yang wanita. Biasanya, wajah ondel-ondel junjungan-suami akan dicat dengan corak merah. Tak semata-mata itu, matanya lagi dibuat beliak, ditambah dengan kumis dan senyuman nan nyengir, serta mengenakan busana berwarna gelap. Hal ini merupakan simbol atma ataupun suka-suka pula yang menegur tanda baca kemustajaban jahat.

Ondel-ondel perempuan akan dicat dengan warna zakiah. Mulutnya pun tersenyum manis dengan hiasan bincu, serta menggunakan warna cerah polos alias dengan motif kembang-kembang. Hal ini adalah bunyi bahasa kebaikan nan baik

Tulang beragangan Ondel-ondel

Ondel-ondel dibuat dengan jenjang 2.5 meter dengan kaliber 80 cm. bertakaran besar dengan tujuan hendaknya manusia mudah cak bagi timbrung ke dalam badan ondel-ondel dan boleh leluasa menggerakkannya.

Para penyusun ondel-ondel sengaja mewujudkan rangkanya dengan ramin bambu agar mudah dipikul dan digerakkan. Saat dipentaskan, ondel-ondel pun harus tampil berpasangan. Ini cak semau alasannya tersendiri. Mahajana Betawi mempercayainya sebagai bentuk keseimbangan antara kekuatan baik dan buruk.


Banyak mahajana yang mencerna ondel-ondel saja bak popi lautan yang dirangkai dari bambu dan kain. Di balik itu semua, ternyata anak-anakan khas budaya Betawi ini n kepunyaan serangkaian fakta dan filosofis yang menggandeng.

Beralaskan wawancara dengan pengamat dan pemerhati budaya Betawi, Ahmad Suaip, menghimpun tiga fakta mengganjur tentang ondel-ondel. Apa saja sih? Marilah baca seutuhnya di sini.

1. Mata ondel-ondel nan sesungguhnya terletak di hati


Menurut Suaip, tekor individu yang mengetahui letak mata ondel-ondel sesungguhnya. Bahkan, mereka nan bekerja bagaikan ‘pengamen’ ondel-ondel sekali pun.

“Ente tahu gak dimana indra penglihatan ondel-ondel?” kata Suaip kepada IDN Times.

“Nih ane kasih sempat, mata yang sebenarnya tuh tidak di sini (menunjuk kedua matanya). Netra ondel-ondel itu ada di sini (menunjuk dadanya), itu kan medan anak adam yang di dalam ondel-ondel ngeliat keluar,” kata pria yang akrab disapa Davi Kemayoran.

Baca :   Gamis Brokat Warna Coklat Susu

“Maksudnya segala? Kite itu harus mengaram orang berpunca hatinye, bukan sekadar dari wajahnya, seperti itu,” Davi melanjutkan, seraya tertawa.

2. Bulu ondel-ondel terbuat berpunca serabut kelapa


Selain mata, terserah filosofi yang terkandung pada rambut ondel-ondel.

“Ente tahu gak surai ondel-ondel terbuat dari barang apa?” tanya lelaki 43 hari itu.

Davi pun menjelaskan rambut ondel-ondel terbuat dari serabut kelapa. Menurut dia, kelapa yaitu pokok kayu yang seluruh bagiannya memiliki manfaat.“Kite itu jadi orang harus berjasa untuk sesama,” tutur Davi lega awal Maret itu.

3. Anak ningrat ondel-ondel harus menyambangi taman bahagia keramat sebelum tampil


Seiring perkembangan zaman, rupanya suka-suka tradisi ondel-ondel yang mulai ditinggalkan, merupakan tradisi menyambangi makam kramat bakal pemain ondel-ondel sebelum tampil.

Dulunya, tutur Davi, sebelum ‘pengamen’ ondel-ondel tampil di satu acara, mereka malar-malar dahulu membawa alat pencernaan dan disajikan kepada makam nan dianggap keramat oleh pitarah. Setelah itu, mereka memiliki maslahat untuk goyang pinggul hingga berjam-jam.

“Setelah seremoni, wah itu udeh tak orang kembali. Kalau di Kemayoran terserah satu tuh di daerah Sendang Alai-belai, namanya kuba Kumpi. Mereka bise nandak berjam-jam, dulu itu kan kepala ondel-ondel terbuat dari gawang, jadinye langka. Sekarang udeh gak terserah insan yang boleh berjam-jam, di dalemnya itu kan memberahikan, malahan ade yang pingsan memadai nandak,” sebut dia.

“Sekarang mungkin manusia udah gak percaya pula, banyak yang udah anggap itu animisme ye,” tutup Davi.


Ondel-Ondel biasanya tampil berpasangan, yang laki-laki berwajah merah dan yang amoi berwajah putih

Ondel-Ondel merupakan salah satu kesenian tunggal Betawi. Namun, sebelum dikenal sebagai kesenian khas Betawi, Ondel-Ondel yaitu penangkis bala atau kesialan. Boneka besar itu dulu dikenal dengan nama ‘Barongan’. Makanya karena itu, membuat Ondel-Ondel tidak bisa sembarangan.

Dibutuhkan sesajen berilmu bubur merah-putih, rujak-rujakan sapta rupa, bunga tujuh variasi, serta asap kemenyan.

Kembali ketika telah radu dibuat, Ondel-Ondel juga diberikan sesajen dan dibasuh dengan asap kemenyan nan disertai dengan mantera-mantera. Tak cuma itu, pemain ondel-ondel juga senantiasa melakukan ritual pembakaran kemenyan. ‘Ngukup’ begitulah awam Betawi memanggil ritual tersebut.

Diselesaikan terbit berbagai mata air, bentuk Ondel-Ondel yang terpukau mengerikan, rupanya memiliki beberapa makna.

Misalnya saja nama Ondel-Ondel yang cangap kita dengar, ternyata semenjak dari kata ‘gondel-gondel’ nan memiliki arti menggantung atau bergandul. Kata tersebut didasari oleh gerakan Ondel-Ondel yang acapkali berendul ketika bepergian.

Bentuknya yang tinggi-besar rupanya dianggap digdaya misal penangkis barisan. Selain itu, pecah segi kesenian, tinggi 2.5 meter dengan diameter 80 cm ini juga dibuat agar manusia mudah kerjakan masuk ke n domestik badan ondel-ondel dan dapat leluasa menggerakkannya.

Bulan-bulanan yang digunakan bakal baju Ondel-Ondel pun terbilang banyak. Target sejauh sepuluh meter tergarap untuk takhlik baju adat Betawi segara dengan sempurna kurung, eksemplar dengan selendangnya.

Baca :   Top Up Dm Ff Ilegal

Lalu bagaimana mandu memanggul Ondel-Ondel?

Para pembuat ondel-ondel sengaja takhlik rangkanya dengan anyaman bambu. Tujuannya tentu agar mudah dipikul dan digerakkan oleh hamba allah nan menggoyangkannya.

Layaknya manusia, Ondel-Ondel juga memiliki keberagaman kelamin. Tidak sukar cak bagi membedakan Ondel-Ondel lelaki dan perempuan. Kebanyakan, wajah Ondel-Ondel laki-suami akan dicat dengan corak bangkang. Enggak hanya itu, matanya pun dibuat membelalang, ditambah dengan kumis dan senyuman nan menyeringai.

Wajah tersebut dibuat dengan maksud menimbulkan kesan semangat dan keberanian. Ada pula yang menganggapnya sebagai bunyi bahasa kekuatan jahat dan sangar.

Sedangkan cahaya muka Ondel-Ondel perempuan akan dicat dengan warna putih. Ondel-Ondel pemudi pun memiliki mata yang besar, namun tidak melotot. Mulutnya pun tersenyum manis dengan paesan gincu. Itu dianggap sebagai simbol faedah baik dan kegadisan.

Selain dari paras, Ondel-Ondel juga dapat dibedakan dari pakaiannya. Ondel-Ondel lelaki galibnya akan memperalat rok adat berwarna bawah tangan, padahal Ondel-Ondel perempuan menggunakan warna kurat polos atau dengan motif kembang-kembang.

Saat dipentaskan, Ondel-Ondel pun harus tampil mepet. Ini ada alasannya istimewa. Masyarakat Betawi mempercayainya sebagai bentuk keseimbangan antara kekuatan baik dan buruk.

Masa ini, pentas Ondel-Ondel bukan hanya bisa disaksikan di acara-programa perayaan HUT kota Jakarta. Namun, para seniman Ondel-Ondel juga sering menampilkannya di jalan-jalan ibu kota.


Miniatur Ondel Ondel dari Botol Plastik Arena

Ondel ondel yaitu salah satu kesenian khas betawi. Bentuknya yang menyerupai boneka pria dan wanita dengan pakaian khas betawi tersebut kadang-kadang nampak absurd dan menggemaskan. Lalu bagaimana kalau ondel ondel terbuat bersumber pot lulusan dan sisa kain karet?

Kreativitas inilah yang coba dibuktikan warga sekitar kolong fly over Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel).

“Kita bersama rekan-rekan yang peduli terhadap lingkungan memanfaatkan botol plastik softdrink dan tiras cirit (perca) kerjakan bisa membuat miniatur ondel-ondel itu,” ungkap instruktur dalam membuat ondel-ondel yang juga pegiat kreativitas di kolong flyover, Dudi bagol.

Ia bersama cak regu mengaku hanya kepingin menularkan beberapa kreativitas dengan tujuan agar penduduk sekitar bisa mendapatkan nilai cermat dari produk yang telah di jual.

Jambang softdrink tadi dipotong pada penggalan atas. Terlampau potongan itu diposisikan terbalik dan di tempelkan di pada fragmen bawah botol ajang. Sangat lukis wajahnya menggunakan gawai menggambar.

“Sehabis selesai melukis wajah ondel-ondel, kemudian ambil cemping karet lakukan membentuk gaun ondel-ondel dengan rona sesuai keinginan,” urainya.

Menurut Dudi, miniatur ondel-ondel nan telah radu, akan ditawarkan secara komersil bak cinderamata dengan harga yang tergapai.

“Pancaragam kegiatan berpunya di lengkung flyover merupakan bukti kepedulian dan pengabdian kita terhadap kampung pelataran dan daerah tingkat Tangsel,” tandasnya.


Cara Membuat Ondel Ondel Dari Botol Aqua

Source: https://ondelondelmini.wordpress.com/

Check Also

Harga Burung Cekakak Sungai

Harga Burung Cekakak Sungai Daftar Isi Ciri Cekakak Sungai Penyebaran dan Ras Cekakak Sungai Suara …