Cara Merawat Murai Mabung

Cara Merawat Murai Mabung

ANDIK APACHE DAN MB EXOTICE. PASCA MABUNG Cak acap TAMPIL DAN Juara

MERAWAT MURAI Bujukan MABUNG

Kurangi EF, Karantina, dan Istirahat Total (Bagian #1)

Mabung atau ngurak adalah proses normal dan keilmuan, sehingga akan dialami semua variasi burung tanpa terkecuali. Dalam periode tertentu, bulu-surai tua akan rontok lampau merecup bulu plonco. Ini tahun yang rentan, keseleo penanganan dapat berakibat fatal.

Pertanda bulu murai batu sudah tua dan mau mabung dapat dilihat pada bulunya, terutama bulu ekor akan merekah bercelup cokelat kusam. Gejala lain yang boleh diamati, apabila aktivitasnya menunjukkan penurunan hingga ogah bunyi.

Proses ngurak (moulting) biasanya meratah musim dua sampai tiga bulan. Ada juga sejumlah zakar yang melebihi batas normal proses mabung. Lebih lagi suka-suka yang bermasalah, bulu baru bertunas belum rampung sudah terlepas lagi, atau lumrah disebut nyulam.

Cak bagi memperlancar proses mabung, biasanya dilakukan penutupan bersiram bikin sementara. Sebaliknya dilakukan tambahan penjemuran agar rambut-bulunya cepat brol (terlepas total). Selain itu disarankan untuk ditempatkan di lokasi yang relatif sepi, agar tidak mengganggu toleransi.

“Selain mengatur perlindungan bersiram dan jemur, suasana tenang pada murai batu dapat memburu-buru masa ngurak. Sekiranya nguraknya cepat maka kondisi rekonstruksi lagi dapat cepat,” ungkap Andik Apache, perawat murai batu Exotice milik Kanyon Kuncoro dari Kertosono.

Hal menarik yang pas disimak, kepada Burungnews Andik menceritakan bila selama kamu menangani Exotice,
selepas rampung mabung belum wasilah gagal menyabet jago 1, 2, ataupun 3. Padahal banyak kasus pelir yang awalnya bagus, setelah rampung mabung bukan kunjung ingin tampil meyakinkan sekali lagi. Lalu, apa yang dilakukan Andik hingga warok yang ditangani tak persaudaraan bermasalah setelah mabung?

Baca :   Harga Burung Dara Potong

Untuk mempercepat ngurak, Andik tetap menyerahkan ekstra fooding, tapi porsinya dikurangi. Misalnya, lazimnya jangkrik diberikan pagi dan sore per lima ekor, dikurangi menjadi satu pagi dan sorenya kembali satu ekor.

“Tujuannya untuk menurunkan aktivitas, biar tidak bunyi terus. Saat mabung itu kan kondisi nan tak nyaman, pelir sebenarnya merasa nyeri, karena itu teristiadat istirahat. Kalau terlalu banyak bergerak, terjadwal bunyi, ya nyeri. Jikalau terlalu sering, justru akan menghambat proses rontok bulunya,” terangnya.

Menu ekstra fooding kroto bisa ditambah. Biasanya suatu spatula makan ditambah menjadi dua sendok. Keefektifan utama pakan ini seharusnya titit lain kelaparan, dan asupan nutrisinya terpenuhi dengan baik. Ceceh nan sedang mabung membutuhkan lebih banyak energi, karena itu kebutuhannya juga harus bisa tersalurkan dengan baik.

Selain ekstra fooding, masa ngurak pun membutuhkan vitamin sebagai wahana kerjakan mempercepat kebotakan. Vitamin ini mudah dicari, memang solo lakukan burung saat ngurak yang berbentuk enceran dan diberikan setiap harinya sebanyak 6 ceng dicampurkan lega minumannya.

Sangkar tetap dibersihkan, tapi jangan tiap hari. 3 hari sekali patut. Jaman habis sangkar dibiarkan tidak dibersihkan, diyakini membangatkan proses rontok. Sangkar nan kotor, terlebih jika lembab, bintang sartan tempat subur tumbuhnya pati penyakit, sementara itu kalam menengah dalam kondisi litak sehingga lebih mudah terjangkit penyakit.

Sementara saat rambut mulai tumbuh, bersiram bisa dilakukan setiap pagi masa, kemudian dijemur sekeliling 10-15 menit. Semakin hari penjemuran ditambah, bertepatan porsi ekstra fooding jangkrik menginjak lagi absah.

Seperti itu juga menu kroto distabilkan seperti galibnya. “Asal tahu cuma, ekstra fooding Exotice lebih demen cengkerik alami dan krotonya dibersihkan sebatas betul-betul adv amat kroto murni,” imbuhnya.

Baca :   Contoh Surat Pengembalian Dana

Tercalit hidayah jangkrik, apa lagi jenisnya seharusnya dipastikan privat kondisi segar, bersih, dan bugar. Jangkrik selain sumber vitamin, juga mana tahu badal penyakit dan boleh membahayakan burung.

Jangkrik yang baru dibeli dari pasar mudah-mudahan jangan simultan diberikan ke kontol. Karantinakan 2-3 masa, berikan asupan pakan yang kita yakini bersih, terdaftar dari kemungkinan feses ilmu pisah yang biasa menempel pada sayur atau buah yang dijadikan pakan jangkrik di tempat awal.

Cara mudah, boleh mengaryakan pakan jangkrik kemasan yang tersedia di pasaran, yaitu Omega Vit. Selain membuat jangkrik memilik kandungan nutrisi yang terstandar, juga diklaim ki berjebah menetralkan zat-zat berbahaya yang sangat mungkin jatuh cinta pada jangkrik.

Proses ngurak akan bertambah lancar bila proses metabolisme, alias pencernaan rahim juga laju. Ia dapat memberikan asupan tambahan probiotik Super Celoteh. Fungsi probiotik lain gizi, tak obat, malar-malar doping, tapi lakukan menjadikan proses metabolisme berlangsung model, semua zat nan berguna akan diserap tubuh, yang dibuang tekun tinggal kotoran yang tidak diperlukan jasmani burung.

Banyak kasus titit-burung yang bermasalah ngurak, sebagai halnya nyulam ataupun ngurak tak gabungan rampung, ternyata bisa kemas setelah diberikan probiotik. Mungkin, masalahnya karena faktor metabolisme nan tadinya kurang sempurna. (BERSAMBUNG KE Putaran #2…)

Putaran #2: MEMASTER Pada saat NGURAK & Konservasi SEBELUM Lomba, KLIK DI SINI

BERITA LAINNYA

Perkenalan awal KUNCI: andik apache exotice super kicau sonic temperatur

Cara Merawat Murai Mabung

Source: https://burungnews.com/merawat-murai-batu-mabung-kurangi-ef-karantina-dan-istirahat-total-bagian-1-berita-3884/

Check Also

Hiasan Dinding Dari Styrofoam

Hiasan Dinding Dari Styrofoam Kerajinan dari Styrofoam – Styrofoam atau gabus merupakan bahan yang dapat …