Harga Burung Cekakak Jawa

Harga Burung Cekakak Jawa

Cekakak Jawa, Si Cantik Berparuh Merah yang Tidak Baik hati Basyar. Foto: Shutterstock.

Cekakak Jawa (Halcyon cyanoventris) atau Tengkek memang sangat tersendiri. Selain punya rupa nan sani, burung endemik Jawa dan Bali ini ternyata sangat sensitif terhadap kesediaan orang. Pemeliharaannya pun sejatinya tidak disarankan karena aturan aktif dari satwa tersebut.

Tengkek adalah spesies burung anggota marga
Halcyon
nan berasal berusul suku
Halcyonidea.
Satwa ini masih berkerabat dengan Zakar Raja-Udang, serta sering beterbangan di sekitar lahan terbuka.

Tak cuma itu, keberagamanH. cyanoventris
pula bisa kita jumpai di area persawahan, tambak ikan, paya yang mengering, padang belukar, serta tempat pengembalaan hingga keluhuran 1.000 mdpl.

Meski secara habitat cukup dekat insan, nyatanya mereka bukan hewan yang “ramah.” Sedikit hanya ia mengintai kerelaan makhluk asing, maka cekakak Jawa akan langsung menghindar.


Ciri-Ciri, Makanan dan Kebiasaan Cekakak Jawa

Perdagangan spesies cekakak Jawa memang patut marak di masyarakat. Mendapat fisiknya yang elok, banyak makhluk berminat buat memiara serta menjadikannya sebagai fauna peliharaan.

Belum lagi, tengkek sendiri publik kenali andai burung pengicau. Suaranya sangat merdu, sekiranya kita simak secara seksama, suara unggas ini terdengar seperti “cii-rii-rii-rii” maupun “crii-crii-crii.”

Melansir beraneka rupa sumber, harga butuh cekakak saat ini start mulai sejak Rp1,5 jutaan. Sepatutnya kian mengenal binatang nan satu ini, berikut ulasan berusul Greeners nan bisa Dia simak.

Secara morfologi, ceceh cekakak jawa sejatinya ikut dalam kategori satwa berukuran sedang. Foto: Shutterstock.


1. Morfologi alias Ciri-Ciri Awak

Secara morfologi, kontol cekakak jawa sejatinya masuk dalam kategori fauna berukuran semenjana. Mereka dapat tumbuh hingga 25 cm, dengan dominasi corak bulu berwarna sangat haram.

Baca :   Harga Cucak Ijo Medan

Momen usia dewasa, bagian kepala fauna tersebut terpandang berwarna cokelat tua. Tenggorokan dan kerahnya bercelup cokelat, dengan bagian kas dapur dan punggung bercorak biru-ungu.

Sedang di usia mulai dewasa, ciri-ciri tengkek dapat terlihat bermula rona rengkung bercat keputihan. Ia mempunyai akhir sayap berwarna hitam, serta bulu risau nan bercelup birung seri.

Pron bila gagap, bercak putih osean yang terletak plong sayap burung tengkek akan lebih terbantah. Mereka memiliki iris mata cokelat renta, serta tengah dan tungkai yang berwarna biram.


2. Rahim Cekakak Jawa

Cyanoventris
tergolong sebagai satwa pemakan insekta. Mereka juga berulangulang tertangkap menengah memburu sato-hewan kecil seperti belatung kumbang air, ikan, udang hinga katak.

Induk cekakak bertugas bagi membawakan nafkah kepada momongan-anaknya. Jika si anak baru menetas, maka hasil buruan yang dibawa kebanyakan berwatak lunak seperti cacing.

Namun apabila anaknya sudah mulai besar atau dapat mengunyah kian keras, maka kandungan yang induk sajikan relatif lebih raksasa yakni i beludak air, iwak, hingga dengan kadal.


3. Kebiasaan Burung Tengkek

Seperti yang telah saya sebutkan, riuk suatu daya tarik pecah kalam ini adalah kicauannya. Saja menurut pakar, spesies cekakak batang air bahkan makin aktif berkicau daripada cekakak Jawa.

Hewan yang satu ini berburu alamat di sekitar lahan rerumputan terbuka. Mereka terlihat bertengger sendirian di atas rambu ataupun simpang tumbuhan nan rindang.

Siklus bersarang kalam tengkek berlanjut plong bulan Maret dan September. Sekali berbuah mereka bisa menghasilkan 3-4 butiran, dengan bentuk bulat oval dan bercat ceria.

Fauna berordo
Coraciiformes
ini akan meletakkan telur-telurnya di internal sarang. Sarang mereka berbentuk susukan/gorong-gorong privat tanah di rubing kali besar yang terbabang dan tersinari matahari.

cekakak jawa

Hewan nan suatu ini mencari bahan di sekeliling persil rerumputan mendelongop. Mereka terpandang bertengger sorangan di atas tonggak atau silang pohon yang rindang. Foto: Shutterstock.


Kelestarian dan Status Konservasi Cekakak Jawa

Bila kita bandingkan dengan macam burung pada umumnya, penggalian tercalit cekakak Jawa memang terbilang sangat minim. Sehingga martabat proteksi terhadap hewan nan satu ini cukup berat bakal kita kaji lebih privat.

Baca :   Harga Burung Wambi Mini Bakalan

Tadinya, pada PP No.7/1999 tentang Pengawetan Macam Pohon dan Sato, semua famili
Alcedinidae
ataupun tanggungan
King Fisher
timbrung internal kategori satwa nan dilindungi oleh negara.

Doang pada Permen LHK No.P.20/menlhk/setjen/kum.1/6/2018 tentang Tipe Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi, terjadi pertukaran pada ponten perlindungan keluarga
Alcedinidae.

Dari 46 spesies
Alcedinidae
nan ada di Indonesia, hanya tersisa 17 spesies yang masih berstatus dilindungi sedang yang sisanya tidak. Permen LHK No.P92/2018 mempertegas hal ini.

Salah satu jenis nan keluar berusul kelompok dilindungi adalah
H. cyanoventris
ataupun cekakak Jawa. Sejumlah kalangan tinggal bersimpati langkah ini, terutama praktisi pelestarian satwa.

Bila kita tinjau berpunca IUCN
redlist, status konservasi unggas ini berada di level
least concern
atau berlimpah.

Namun mengingat angka ekonomisnya yang tinggi, penghapusan logo titit tengkek sebagai fauna dilindungi dikhawatirkan boleh mengganggu kedatangan populasi mereka di alam liar.

Taksonomi Cekakak Jawa

taksonomi cekakak jawa

Referensi:

Rizki Agung Santosa, dkk., Universitas Lampung

Yoga Putra Aliyani, dkk., Perkumpulan Negeri Yogyakarta

Laman Kehati, Yogyakarta

Panitera: Yuhan Al Khairi

Harga Burung Cekakak Jawa

Source: https://www.greeners.co/flora-fauna/cekakak-jawa/#:~:text=Melansir%20berbagai%20sumber%2C%20harga%20burung,mulai%20dari%20Rp1%2C5%20jutaan.

Check Also

Manfaat Madu Untuk Lovebird

Manfaat Madu Untuk Lovebird Maslahat madu – Madu ialah materi alami yang dihasilkan oleh lebah …