Bagi pencinta titit celoteh, lovebird terbilang kayun di pasaran. Selain dikenal dengan harga nisbi terjangkau, versi jenis dan warnanya juga beraneka macam. Salah satunya lovebird keberagaman lutino yang paling gampang untuk dikenali karena punya rona kuning cerah pada seluruh tubuhnya. Alasan bukan lovebird lutino mata hitam patut diminati di kacangan karena cara perawatannya yang mudah.

Ceceh Lovebird Lutino Mata Hitam (sendang: ekosis.id)

Lovebird dengan dandan lutino adalah salah satu spesies yang saat ini menjadi primadona di guri pencinta kalam. Rona lutino adalah warna kuning salih dan sangat menyenangkan dipandang indra penglihatan. Nilainya sangat pangkat di dok kolektor titit, sehingga banyak penangkar yang tertarik membudidayakannya. Lutino berasal pecah perkawinan emak betina lutino dan dakar lutino. Namun, lutino bisa sekali lagi didapatkan dari semua lovebird yang n kepunyaan gen lutino.

Induk berani lutino yang dikawinkan dengan induk betina lutino akan menghasilkan 100% nasab lutino. Namun, boleh juga muncul warna nan enggak karena tidak tahu persis apakah indukan tersebut punya galur murni atau tidak. Kerjakan mendapatkan lutino dengan modal murah, penangkar dapat menyilangkan anak keturunan lutino maupun lovebird yang memiliki gen zuriat lutino.[1]
Berikut ciri-ciri lovebird lutino yang cukup populer di tengah masyarakat.

Ciri Lovebird Lutino

  • Bulu pada area kepalanya berwarna bangkang.
  • Corak retina matanya hitam atau merah.
  • Paruhnya memiliki rona merah.
  • Seluruh bulunya berangkat dari dada, ekor, dan punggungnya berwarna kuning salih.
  • Kaki dan sebagian bulu puas sayapnya bercat putih.

Sebagian manusia mungkin menduga lovebird pastel asfar dengan lutino mata hitam memiliki kesetaraan. Saja, jika Anda lebih teliti, maka Dia akan menemukan sejumlah perbedaan. Berikut sejumlah perbedaan dari kedua macam lovebird tersebut.

Baca :   Jenis Burung Hantu Gudang

Perbedaan Lovebird Lutino Mata Hitam dan Pastel Kuning

Burung lutino mata merah (sumber: pinterest)
Titit lutino indra penglihatan merah (sumber: pinterest)
Fisik Lovebird Lutino Mata Hitam Lovebird Pastel Kuning
Mata Mempunyai warna mata hitam Memiliki warna mata hitam pekat
Kaki Kaki bercelup putih Kaki berwarna abu-tepung alias kehitaman
Tubuh Tubuh bercelup asfar cuaca tanpa semburat Badan galibnya bercat cuaca dengan semu hijau, dan ada semburat warna hijau di sayap
Leher Leher rona ahmar cuaca dan pekat Leher berwarna biram memudar atau ahmar pastel
Ekor Bulu pangkal ekor berwarna berma Bulu pangkal ekor bercelup keunguan

Tipe Lovebird Lutino

  • Lovebird lutino mata ahmar, jenis lovebird dengan mata bercat biram, dikabarkan memiliki harga lebih mahal dibandingkan lovebird lutino mata hitam.
  • Lovebird lutino alat penglihatan hitam, jenis lovebird dengan indra penglihatan bercat hitam dengan tubuh berwarna kuning.

Lain sahaja lovebird lutino yang memiliki warna kilap pada tubuhnya, ada pun lovebird yang dikenal dengan nama paskun. Perbedaan lovebird lutino dan paskun merupakan warna sorot lovebird paskun cak semau semu hijaunya. Corak semu hijau tersebut berada puas dada dan juga sayapnya. Berlainan dengan lutino yang tak ada semburat warna hijaunya.

Lutino alat penglihatan merah serta andan indra penglihatan merah memang asosiasi menjadi tendensi di mayapada lovebird. Sudah banyak penghobi burung lovebird yang bertekad dapat membudidayakan lovebird macam lutino alat penglihatan merah. Namun, kali ini kami akan mengulas lengkap tentang harga lovebird lutino mata hitam. Berikut daftar harga lutino mata hitam sekarang.

Harga Lovebird Lutino Mata Hitam

Ilustrasi: Burung Lovebird Lutino Mata Hitam (credit: Youtube/Raja Waqas Birds & Plants)
Ilustrasi: Burung Lovebird Lutino Mata Hitam (credit: Youtube/Kaisar Waqas Birds & Plants)
Hidup Lutino Alat penglihatan Hitam Harga
Lovebird Lutino Netra Hitam 7 wulan Rp90.000 saban ekor
Lovebird Lutino Alat penglihatan Hitam lolohan Rp90.000 per ekor
Lovebird Lutino Mata Hitam Anakan 2-3 bulan Rp150.000 per ekor
Lovebird Lutino Netra Hitam betina dewasa Rp180.000 masing-masing ekor
Lovebird Lutino Netra Hitam jantan dewasa Rp200.000 per ekor
Lovebird Lutino Indra penglihatan Hitam dewasa sejodoh Rp305.000
Baca :   Berita Acara Pemilihan Ketua Rw

Sekiranya dibandingkan penawaran sebelumnya, harga lovebird lutino netra hitam di pasaran sekarang mendatangi terban. Misalnya, sekelamin lovebird lutino mata hitam dewasa yang semula dijual seharga Rp750 ribu, kini hanya seharga Rp305 ribu. Semacam itu pula dengan harga lovebird lutino mata hitam kesatria dewasa yang merosot berpangkal Rp600 ribu menjadi Rp200 mili saban ekor.

Kendati nisbi murah, ada kembali penangkar lovebird yang menjual lutino mata hitam dengan harga sepan mahal menyentuh jutaan rupiah per ekor. Di bilang marketplace lutino alat penglihatan hitam varietas biola detik ini ditawarkan seharga Rp1,3 juta, rendah panjat dari tahun lalu nan belaka Rp1,1 jutaan tiap-tiap ekor. Harga tersebut tentu boleh berbeda-beda di setiap wadah tergantung penawaran pihak penjual. Nah, bagi Anda nan tertarik memelihara lovebird lutino mata hitam, tak cak semau salahnya mengarifi kaidah terbaik merawatnya.

Tips Memelihara Lovebird Lutino Mata Hitam

  • Membersihkan kandang dari sisa berak dan residu makanan secara rutin sedikitnya 1 bisa jadi sehari.
  • Tempat pakan dan minum juga harus diperhatikan agar terbebas dari jamur dan lumut.
  • Pakan yang diberikan harus berkualitas dengan menunggangi pakan kemasan pabrik.
  • Mandikan dan jemur burung secara rutin, pas 1 mungkin sehari.

Lovebird merupakan butuh dengan khuluk mudah beradaptasi dengan mileu plonco. Dengan sifatnya ini, lovebird termasuk lutino ain hitam enggak gampang stres ketika dipindahkan ke kandang alias medan penangkaran yang baru. Tak hanya itu, burung nan satu ini kembali cenderung jinak ketika dipegang atau dipelihara.

[1] Yulian, dkk. 2018. Sukses Beternak Lovebird untuk Pemula. Jakarta: Seumpama, hlm. 57