Merpati pos menjadi salah satu jenis burung yang sering dijadikan sebagai fauna perlombaan terbang. Bagi melatih merpati pos mudahmudahan bisa terbang dengan cepat internal jarak nan cukup jauh, dibutuhkan ketelatenan. Di pasaran sendiri, harga unggas ini terbilang kian mahal dibanding tipe burung merpati biasa.

Secara ilmiah, merpati pos mempunyai jenama Columba livia, merupakan pelecok satu jenis kontol yang mutakadim lama dipelihara dan dibudidaya makanya para penggemar burung dan termasuk anggota kelompok binatang bertulang bokong dengan bulu serta sayap untuk mendukung pergerakannya di awan (lopak-lapik).

Harga Indukan Merpati Pos – newatlas.com

Karakteristik Merpati Pos

Kalam merpati pos atau yang kian dikenal dengan logo rock pigeon ini memiliki beberapa variasi kelebihan dibanding burung lainnya, yakni berada mengingat lokasi dengan baik serta mampu terbang hingga 65-80 km/jam dan privat satu waktu produktif mangut sejauh 965 km.[1]
Dengan kelebihannya, burung ini memiliki kekerabatan yang cukup banyak dibanding merpati balap. Meskipun hampir setinggi, namun karena tingkat kecerdikan merpati pos makin pangkat, varian ini juga camar dijadikan bagaikan burung bikin lomba balap terbang.

Selain itu, merpati pos diperkirakan dapat terbang hingga kemuliaan sekitar 150 m di atas parasan kapling. Hal ini berbeda dengan merpati balap yang konon namun ki berjebah panik selevel 5 m di atas permukaan tanah. Dengan potensi terbang nan dimiliki oleh merpati pos, pertunjukan adu histeris merpati akan terpandang lebih seru dan enggak plus monoton.

Mandu Melatih Merpati Pos

Bikin membuat merpati pos bisa terbang tinggi dan cepat, tentunya perlu diadakan latihan yang intens. Selain itu, sepatutnya Anda melatih burung merpati saat kehidupan mereka masih cukup umur. Ini karena merpati akil balig lebih mudah dilatih dan cepat tanggap terhadap sesi latihan mereka.

Baca :   Item Sun Paling Sakit

Kerjakan mempermudah proses latihan, Sira juga perlu merefleksikan lokasi kerjakan pelajaran. Lokasi latihan merpati pos kiranya lahan luas seperti petak lapang yang bukan plus rimbun atau banyak ditanami tumbuhan besar. Setelah itu, buat bintik kalut nan seia sekata sebagai rancangan latihan pertama. Usahakan lokasi bukan berlebih jauh, misalnya pada minggu pertama, gunakan jarak tempuh sekitar 1-5 km. Sehabis merpati mencapai rekor terbang tercepat dan tertingginya, buat jarak tempuh nan makin jauh hingga 20 km.

Pada minggu kedua, Anda bisa menaikkan jarak tempuhnya menginjak berpunca 30 km hingga 45 km. Untuk latihan di minggu kedua, Beliau bisa memilih posisi di lain kancah. Beberapa orang bahkan mengidas lokasi nan cukup jauh, di antaranya antar desa atau antar komplek. Cara ini boleh Anda bagi setiap pagi dan senja, momen burung merpati masih n domestik hal bugar dan tidak terlalu capek. Latihan setiap hari secara intens boleh membuat merpati pos mengingat lokasi dan titik terbang maupun mendarat dengan cepat.

Harga Merpati Pos Racing - www.audubon.org
Harga Merpati Pos Racing – www.audubon.org

Selain mengamati musim latihan, Anda juga teradat mencamkan hari libur latihan. Merpati pos tidak dapat dilatih setiap saat, setidaknya ada satu atau dua hari ketika mereka enggak terlazim latihan. Istirahat yang cukup akan membuat mereka merasa sunyi dan nyaman saat harus latihan kembali. Selain itu, istirahat cukup juga menjadi pelecok suatu faktor pendukung kemenangan merpati saat berlomba. Takdirnya merpati pos lain mendapatkan waktu istirahat yang cukup, dikhawatirkan mereka akan kepenatan dan mogok terbang. Selain itu, latihan sonder istirahat dapat membuat sayap mereka cedera dan stres.

Perhatikan juga kesehatan merpati pos yang akan mengikuti tanding. Pastikan Anda menjaga kesehatannya apabila tidak kepingin burung peliharaan Anda kalah kerumahtanggaan kompetisi. Buat menjaga kesehatan merpati, biasanya para pelatih akan memberikan pakan berprotein panjang dan vitamin individual secara rutin.

Baca :   Cara Menghias Kue Hantaran Lamaran

Sehabis Anda mencerna prinsip melatih merpati pos di atas, apakah Anda berminat membelinya? Sekiranya iya, pastikan Anda mengetahui harga merpati pos di pasaran. Harga merpati pos sangatlah bermacam-macam, terjemur semenjak usia serta jenisnya. Untuk makin rinci, Kamu boleh melihat grafik berikut.

Harga Merpati Pos

Jenis Merpati Pos Harga (Rp)
Merpati Pos Putih Mulus 1 ekor 300.000
Merpati Pos Putih Anakan 5 ekor 800.000
Merpati Pos Zakiah Indukan Sepasang 850.000
Merpati Pos Racing Kudus Mulus 1 ekor 1.250.000

Pada 2020 sangat, burung merpati pos nirmala mulus dijual mulai harga Rp500 mili per ekor, merpati pos putih anakan 5 ekor seharga Rp800 ribu, merpati pos kudus indukan seharga Rp800 ribu sepasang, dan merpati pos racing safi mulus dibanderol seharga Rp1 juta per ekor. Seperti tercatat puas tabel di atas, harga titit merpati pos mengalami pertukaran berkisar ratusan ribu rupiah pada 2021.

Melatih Merpati Pos - kidadl.com
Melatih Merpati Pos – kidadl.com

Perlu Dia ketahui, harga merpati pos di atas telah kami rangkum dari heterogen keberagaman sumber, termasuk situs jual beli online. Harga merpati pos tersebut tentu bukan kasmaran dan dapat berubah sama sekali, sonder pemberitahuan sebelumnya.

[Ditta]

[1] Kadri, Mohamad Haekhal Mahessa, Dian Septinova, Riyanti. 2016. Karakteristik dan Perilaku Merpati Tinggi Lokal Jantan dan Lebah ratulebah. Jurnal Ilmiah Terpadu Universitas Negeri Lampung, Vol. 4(2): 156-160.