Kolase Dari Kertas Lipat


Unduh PDF


Unduh PDF

Kolase adalah sebuah karya seni nan dapat dibuat dari berbagai mangsa, sama dengan kertas, kertas kronik, foto, reben maupun benda lainnya yang ditempelkan puas meres belakang, misalnya kertas polos. Kolase juga bisa dibuat dengan bahan jasmani atau gambar elektronik yang ditempel pada latar pinggul digital. “Kolase” terbit dari pembukaan dalam bahasa Prancis “coller” yang berarti “merekatkan dengan lem”, dan ialah cara yang menyenangkan cak bagi bereksperimen dengan bermacam-tipe mangsa agar mendapatkan hasil intiha yang menakjubkan. Artikel ini memasrahkan contoh banyaknya prospek yang boleh diciptakan, yang sahaja dibatasi maka dari itu kreativitas dan imajinasi Kamu.

Langkah

  1. 1

    Pilih tren montase Anda.
    Berlandaskan definisinya, kolase dibuat bermula bilang bagian berlainan. Episode-fragmen ini bisa kasatmata barang apa varietas benda, seperti kertas, kenur, karet, prangko, potongan majalah, plastik, benang rafia, kertas timah, etiket, tutup pot, korek api, gabus, sasaran alami (kulit pohon, daun, skor, selerang telur, ranting pokok kayu, dll.), rahasia, dan lain-enggak. Kamu dapat memilih sebuah sarana seperti kertas atau reja, maupun kombinasi klasik seperti kertas, buku, dan kertas timah.

  2. 2

    Pilih satah bokong yang sekata.
    Kertas maupun karton adalah pilihan latar belakang yang umum, namun Anda boleh kembali memilih target apa sekali lagi yang menurut Anda seia. Contohnya, latar belakang bisa berpunca kertas seruput, kubus, kain seperti secarik goni (kejai karung), jeluang buletin, sampul buku lama, kayu, selerang kayu halus, plastik, dll.. Selama permukaan dapat digunakan dan benda-benda bisa ditempelkan padanya, target itu dapat digunakan cak bagi membuat montase.

  3. 3

    Kumpulkan dan simpanlah target-bahan untuk menciptakan menjadikan kolase di kemudian perian.
    Momen Engkau menjadi makin mahir dan antusias membuat montase, Anda akan tiba menyedang-coba segala macam bahan lainnya. Miliki sebuah peti khas untuk menyimpan bahan-objek kolase.

    Iklan

  1. 1

    Kumpulkan incaran yang dibutuhkan untuk membuat kolase.
    Berikut adalah objek yang boleh digunakan:

    • Gunakan karton, kertas fotokopi, kantong kertas, jeluang tisu, kertas bercorak, kertas buatan tangan, dll.. Plano yang digunakan bisa bertekstur subtil atau persisten, atau perpaduan keduanya.
    • Gunakan rincihan majalah atau kertas koran. Majalah tendensi atau berita mempunyai sejumlah gambar yang cocok untuk dibuat kolase. Kertas koran dapat menambah tekstur yang menyedot kepada kolase, namun tintanya sewaktu-waktu dapat luntur.
    • Cari potongan kertas dinding yang sudah lama. Anda mungkin punya sisa-sisanya di lemari, ataupun Anda dapat membeli potongan-potongan boncel di toko kertas dinding.
    • Gunakan kertas timah dan perekat yang berlainan-beda. Gunakan daluang aluminium dari dapur, atau perekat bercat.
    • Gunakan foto. Menggunting tulang beragangan berusul foto-foto lama dapat memberikan kesan
      retro
      pada kolase. Namun, pastikan bahwa Anda tidak menggunting satu-satunya foto yang mungkin masih berguna di kemudian hari.
  2. 2

    Lipat, gunting atau sobek kertas menjadi bentuk yang berbeda-beda.
    Anda boleh memperalat gunting atau pisau kerajinan tangan untuk membuat bentuk yang berbeda. Jikalau tidak, Anda bisa mengerobak kasar ujung racikan daluang bagi memberikan tekstur atau bentuk yang acak.

    • Gunting seluruh bagan, adegan yang dapat dikenali, atau seadanya saja, bakal membuat tekstur, warna, atau nuansa yang Anda inginkan.
    • Untuk mewujudkan kata-pengenalan, gunting leter dari sumbernya dengan fonta yang berbeda-beda.
  3. 3

    Munculkan sebuah tema.
    Anda siapa sudah memiliki tema, atau mungkin baru tebersit saat Anda mengumpulkan alamat-objek. Apa pun itu, buatlah kolase Anda beralaskan ide maupun bagan utama.

  4. 4

    Pertimbangkan bikin menambah ornamen.
    Walau tidak terdahulu, ornamen boleh mewujudkan kolase menjadi lebih baik dengan menambahkan kedalaman, minat, dan kilau. Gunakan pita, merjan, makao, bulu atau cemping di kolase jeluang. Temukan produk-dagangan ini di seputar rumah, atau beli dari toko kerajinan tangan.

  5. 5

    Tetapkan barang apa yang akan ditempel di kolase Sira.
    Anda dapat memperalat secebir kertas, karton atau bagian kardus, contohnya. Apa pun nan Anda memilah-milah, pastikan bahan itu cukup kuat bagi menahan beberapa lapis bobot dan mudah bagi dipajang.

  6. 6

    Kumpulkan semua rincihan sebelum ditempelkan.
    Walaupun berkepribadian mana suka, Anda kiranya mengepas terlebih habis semua benda yang akan Dia letakkan di montase. Sebarkan semua bahan cak bagi mereka cipta kolase sebelum membuatnya. Letakkan di permukaan yang lebar sama dengan kenap alias lantai. Susun benda-benda tersebut, dimulai dari rataan pinggul dan terus mengaras depan. Ini boleh memberikan Dia paparan seperti apa hasil akhirnya sebelum menempelnya. Seandainya Anda kepingin mengingatnya dengan tepat, foto cuma hasil percobaan tersebut. Bilang ide tema montase misalnya adalah:

    • Pemandangan darat atau pemandangan laut
    • Fraktal
    • Foto seseorang, sama dengan penyanyi pop atau seseorang yang menunggangi pakaian atau perhiasan kepala yang bagus, seperti tiara
    • Pemrakarsa dari kopi maklumat, gunakan cara klasik, yakni menunggangi orang di dalam tindasan makrifat lalu merancangnya menjadi kolase
    • Hewan, contohnya, gunakan kertas kerdil alias prangko bagi mewujudkan gambar hewan begitu juga kucing, bicokok alias lebah. Gambarlah kerangka binatang itu terlebih dahulu di kertas lalu isi bagian nol dengan menempelkan kertas di intern garis
    • Mosaik atau ikatan terbaik; mosaik dapat mengikuti bentuk tertentu atau dapat nyata komplet nan campur aduk.
    • Alfabet: potong huruf-leter semenjak kertas dan buatlah alfabet atau kata-kata di dalam kolase
    • Pola satu bentuk, seperti kalangan, persegi, dll. Pola satu bentuk yang diulang-ulang juga efektif untuk membentuk kolase.
  7. 7

    Rekatkan kolase dengan perekat.
    Mulailah dari latar belakang dan terus ke depan, lem rajangan-potongan kolase ke dasarnya. Gunakan lem kalis normal, perekat stik atau karet, dan bekerjalah dengan tepat.

    • Cobalah untuk merumuskan kolase di satu potongan yang menurut Anda terlihat mencolok atau menarik.
    • Ingatlah bahwa enggak semua racikan harus ditempel merata. Anda dapat meremas alias memanipulasi untuk mendapatkan tekstur yang farik.
  8. 8

    Biarkan montase mengering.
    Montase sekarang sakti beberapa lapis lem. Berikan waktu yang cukup seharusnya dapat mengering.

    • Buat kolase kecil, sekitar satu jam akan cukup.
    • Untuk montase besar, Anda harus mendiamkannya semalaman atau menggunakan kipas kilangangin kincir dengan tiupan yang sangat lambat.

    Iklan

Kolase digital adalah cara yang tepat untuk menunjukkan foto Kamu dan membagikannya dengan teman dan orang-orang terkasih!

  1. 1

    Tambahkan foto

    • Renggut dari komputer, rampas dari jejaring sosial, atau cari di internet foto-foto yang dapat dimasukkan internal kolase Kamu.
    • Pasca- terkumpul, membeda-bedakan foto-foto yang Anda gemar, lalu tambahkan ke dalam kolase karya Dia.
  2. 2

    Percantik montase Anda

    • Pilih rang kolase.
    • Buat mengatur tampilan foto secara manual, jangan centang boks “lock alignment“. Jika Anda ingin foto tersusun otomatis, biarkan kotak tersebut tercentang.
    • Untuk menggeser foto, klik dan tarik rangka ke posisi nan Beliau sukai.
    • Gunakan
      tapis, garis birai, latar belakang dan/alias tajuk pada kolase.
    • Sebelum:
    • Sesudah:
  3. 3

    Bagikan/simpan kolase foto Ia

    • Selepas Anda mengatur tampilan kolase digital sesuai selera, bagikan plong teman ataupun simpan simultan di komputer Anda.

    Iklan

  1. 1

    Kumpulkan potongan cemping yang akan digunakan cak bagi membuat montase.
    Lihatlah rok-busana lama di lemari baju, atau cari kejai di toko-toko murah atau toko kerajinan tangan. Beberapa eksemplar kain lainnya yang dapat digunakan adalah:

    • Sempuras potongan kain dari jahitan
    • Racikan rancangan karet yang Anda sukai
    • Potongan dari baju yang Engkau sukai di masa lalu (seia buat mengenang baju masa kecil)
    • Kain kapas
    • Kain khusus sama dengan
      tulle, organdi, utas, satin, dll..
    • Benang, wol, benang tenun, lawe, tali tap, renda, kelambu, dll..
    • Hiasan jahit seperti rahasia, payet, tambalan jahit, dll..
  2. 2

    Selidik teksturnya.
    Kain membidik memiliki bermacam-macam tekstur dan ketebalan, sehingga Anda harus menggabungkan perbedaan-perbedaan ini bikin menciptakan tampilan kolase terbaik.

  3. 3

    Membeda-bedakan latar belakang yang tepat.
    Ada beberapa saran bidang pantat sebagai halnya nan dijelaskan di atas, namun ingatlah baik-baik bahwa kejai akan menempel dengan pendirian berbeda-cedera pada plano, bintang sartan tidak semua jenis cemping dapat digunakan. Bagi percobaan sebelum Sira berkembar kain plong bidang belakang, buat memastikan bahwa tiras bukan akan mengesot. Bilang ide untuk bidang birit termasuk: kain bukan nan dempak, gantungan dinding tak terpakai, pakaian tak terpakai, jeluang ataupun karton, barang-barang panggung seperti boneka wreda, capelin lampu busur dll..

    • Gunakan lem bening yang setuju buat kejai dan latar belakang pantat yang Anda gunakan.
  4. 4

    Buatlah rancangan di kertas dengan menggambarnya.
    Buat ide rancangan, lihatlah saran kerjakan membentuk kolase kertas di atas. Setelah Ia mempunyai rencana, cocokkan dengan tekstur dan warna potongan kain.

  5. 5

    Potong dan atur incaran tiras sesuai lembaga Sira.
    Tak komplikasi seandainya Anda menempelkan satu potongan di atas nan lain, beranilah.

    • Pikirkan tekstur momen Kamu takhlik kesan berusul suatu benda, hewan alias muka. Contohnya, gunakan sutra kamhar atau kain tebal lakukan membuat tubuh domba, maupun gunakan benang pintal untuk membuat rambut di sekitar roman.
    • Lembar sekelat, tali atau benang pintal dapat digulung berbentuk spiral lakukan membuat bunga, matahari atau bulan, durja, dll..
    • Kancing dan payet adalah pilihan yang tepat untuk segala variasi kreasi bagan, seperti bunga, mata di wajah atau susuk satwa.
  6. 6

    Biarkan mengering, lalu pajanglah kolase Anda.

    Iklan

Kersik halus merupakan korban kolase nan unggul dan pilihan yang semupakat bikin anak-anak.

  1. 1

    Kumpulkan bahan-bahan yang dibutuhkan.
    Kamu hanya memerlukan meres belakang faktual selembar daluang maupun karton, perekat bening, pasir, pensil dan kuas lem.

  2. 2

    Rajah rancangan nan Kamu sukai di plano.
    Rancangan yang terbelakang lebih baik bakal anak-anak. Biarkan mereka batik segala pun yang mereka gemar.

  3. 3

    Ikuti garis siring alias bagian dalam garis dengan lem, menggunakan kuas lem.
    Jikalau rencana yang ada terlalu elusif alias besar, lakukan ini sedikit demi kurang agar Anda dapat berdampingan pada perekat yang masih basah.

  4. 4

    Taburkan kersik halus di atas perekat.
    Ini dapat dilakukan menggunakan tangan Anda atau gelas kertas kecil.

  5. 5

    Setelah selesai, tuang pasir plus yang suka-suka.
    Pasir yang menempel akan membentuk rang lembaga kolase.

    Iklan

  1. 1

    Temukan benda-benda yang khas dari alam.
    Kolase ini cocok dibuat pasca- Anda mendaki atau berjalan suku di alam sambil mengumpulkan benda-benda yang ada di sepanjang jalan. Benda-benda yang cocok untuknya tersurat:

    • Kulit kerang (yang berupa belahan maupun yang utuh) atau jasmani insekta sirep yang sudah mengering
    • anakan (yang dikeringkan lewat dipakai)
    • rumput kering
    • daun
    • skor-bijian dan kacang-kacangan
    • tempurung kelapa
    • sedotan
    • alamat-incaran lainnya.
  2. 2

    Pastikan bahwa benda-benda ini sangar sebelum digunakan.
    Jika lain, benda ini akan memburuk atau lapuk pada kolase.

  3. 3

    Pilihlah latar bokong yang sesuai.
    Plano, kulit kayu yang halus, karton, karton, dll.. yakni seleksian yang setuju untuk latar belakang.

  4. 4

    Rancang kolase Anda.
    Anda bisa membuat pemandangan pan-ji-panji, seperti menyusun bunga cengkar seperti yang terserah di bendera, atau serumpun rumput kering. Atau juga bisa menciptakan menjadikan pemandangan darat atau laut menggunakan benda-benda tersebut.

  5. 5

    Rekatkan benda-benda pada posisinya dengan lem.
    Gunakan lem bening. Periksalah pula apakah benda-benda mutakadim berdempetan dengan baik pada latar pantat.

    • Jika Beliau ingin mengawetkan bahan pohon nan Engkau gunakan di kolase, buatlah “lapisan penaung”. Cairkan lem PVA dengan sedikit air. Pulaskan sintesis ini pada seluruh permukaan kertas, sehingga menjadi lapisan pelindung lakukan kertas. Susun objek-bahan di kertas yang mutakadim dilapisi. Sikat seluruh mangsa dengan lapisan yang seimbang. Anda harus menghampari setiap sisi bahan tumbuhan. Setelah kersang sesudah-sudahnya, lapisan ini akan mereservasi bahan pohon sejauh bertahun-tahun dan membuat montase tertentang mengilap. Perlu Anda pulang ingatan bahwa hal ini dapat merusak bahan tumbuhan yang makin kecil-kecil, jadi berhati-hatilah.
  6. 6

    Biarkan mengering.
    Pajanglah kolase yang sudah lalu bintang sartan, atau rampas fotonya lalu bagikan di internet.

    Iklan

  1. 1

    Membeda-bedakan program foto yang mudah dipakai.
    Beliau bisa menafsirkan foto dengan berbagai ragam alat panjang hati, tergantung komputer dan anggaran Beliau. Pilihlah program penyunting foto yang tersisa, kecuali Beliau sudah lalu terampil n domestik menggunakan versi yang lebih sulit, sehingga Anda dapat mengembangkan keahlian Anda membuat kolase.

  2. 2

    Kembangkan sebuah tema.
    Anda mungkin telah memiliki tema, atau kali baru tebersit ketika Anda mengumpulkan bahan-bahan. Apa juga temanya, buatlah montase Anda berdasarkan ide, gambar ataupun cermin. Mempunyai tema dapat memudahkan Anda intern menemukan foto dan gambar.

  3. 3

    Kumpulkan bahan-mangsa yang semupakat.
    Cari di internet susuk dan fonta yang Anda pikir akan cocok di kolase. Alias, Anda dapat mengejar foto-foto lama, kain, majalah atau benda lainnya nan Ia gunakan buat membuat kolase kertas. Gunakan gambar yang menginspirasi Sira.

    • Kunjungi “Pinterest” seumpama inspirasi. Lihat foto-foto bertema nan Anda suka, seperti kue-kue, kuda, mobil balap, orang-orang cakap, apa tetapi!
  4. 4

    Sunting gambar seperlunya.
    Bentuk dan warnai tulangtulangan menjadi menarik menggunakan programa editor foto cak bagi menyela dan memberi cerminan. Tidak usah terlalu memaksakan kontur rang, namun lakukan yang terbaik sekadar bikin rancangan Anda.

    • Selain itu, Anda dapat menidakkan transparansi, kejelasan, pola dan kualitas tidak yang dimungkinkan oleh program editor foto.
  5. 5

    Buatlah banyak salutan.
    Mulai buat montase Anda dalam banyak saduran. Tiba terbit asal dengan latar belakang digital, terlampau bekerjalah ke atas.

  6. 6

    Sering-seringlah menyimpan!
    Klik pentol “simpan” (“save“) buat arik-didik kalau program mengalami gangguan. Jangan sampai Anda kesuntukan seluruh kerja persisten Dia.

  7. 7

    Cetak kolasenya.
    Persiapan ini opsional, dan dapat Dia lakukan jika Anda ingin memajangnya di dinding, dll. Pilihlah jenis kertas yang Anda inginkan bikin mencetak kolase. Anda dapat memilih kertas mengilap maupun yang lebih kepam. Segala apa pun itu, kertas harus cocok dengan tema keseluruhan dan sesuai dengan kegunaan akhirnya.

    Iklan

  1. 1

    Pikirkan bagaimana Anda ingin hasil montase tersebut dipajang.
    Cak semau bilang pilihan, seperti:

    • Menggantungnya di dinding
    • Membingkainya dengan dus maupun bingkai tiang, sangat gantung atau sandarkan di rak buku
    • Menjumut fotonya silam membagikannya di internet (jika kolase bukan berbentuk digital)
    • Bagikan kolase digital di internet. Gunakan situs foto dan kerajinan tangan, serta halaman kendaraan sosial bakal memamerkan hasil kerja keras Anda
    • Pikirkan cara lakukan mengumpulkan kolase ke dalam pusparagam bestelan seni atau kerajinan lainnya, misalnya dengan mempernisnya ke n domestik panel lemari, memasukkannya kerumahtanggaan kotak gawang atau menjahitnya di baju.

  • Jika objek pada montase tidak berhimpit dengan baik setelah dilem, Beliau dapat mengolesinya dengan campuran lem nan dilarutkan (sekitar 3 bagian air dan 1 bagian perekat) di atas seluruh kolase setelah selesai bikin “menyegel” seluruh lapisannya.
  • Gunakan daya kreasi Ia!
  • Buatlah montase begitu juga yang Anda inginkan sendiri. Jangan agak gelap untuk berkreasi dengan teknik atau lembaga yang berbeda, karena Anda lebih-lebih akan belajar dengan melakukannya.
  • Beliau juga dapat mengombinasikan gambar plano dan digital dengan mencetak rangka yang sudah disunting lalu memasukkannya ke selembar jeluang atau gaya kolase lainnya.
  • Penggalan belakang montase harus serasi dengan bagian belakang incaran yang Anda buat di bagian depan.

Iklan

Peringatan

  • Sebaiknya, hindari menggunakan lem “Gorilla”,
    tacky glue, atau lem menggiurkan lega kolase sekiranya Dia bekerja menggunakan kertas. Lem-lem ini tidak akan berfungsi seperti perekat putih, lem stik atau lem karet biasa. Tanyakan puas penjual kerajinan tangan terdamping jika Anda tak yakin akan situasi ini.
  • Bekerjalah membentuk montase di atas alas jeluang jurnal, sehingga tempat kerja Anda tak akan terkena curahan/cipratan lem.
  • Selalu berhati-hatilah saat menggunakan gunting. Awasi momongan kecil ketika menggunting.

Iklan

Hal yang Beliau Butuhkan

  • Perekat maupun perekat
  • Gunting atau pisau kerajinan tangan
  • Sebuah dasar/rataan birit, sebagaimana kertas kaku maupun karton
  • Gambar dan introduksi-perkenalan awal/huruf
  • Acara penyunting foto (opsional)
  • Arena sampah bakal membuang kertas terlalu yang bukan diinginkan
  • Saku plastik untuk benda kolase yang diinginkan doang belum dilem.

Tentang wikiHow ini

Halaman ini telah diakses sebanyak 992.747 kali.

Apakah kata sandang ini membantu Dia?

Kolase Dari Kertas Lipat

Source: https://id.wikihow.com/Membuat-Kolase

Baca :   Contoh Surat Pelepasan Hak Kendaraan Pt

Check Also

Manfaat Madu Untuk Lovebird

Manfaat Madu Untuk Lovebird Maslahat madu – Madu ialah materi alami yang dihasilkan oleh lebah …