Manfaat Daun Sirih Untuk Mata Katarak Pada Burung

Manfaat Daun Sirih Untuk Mata Katarak Pada Burung

KOMPAS.com
– Sebuah unggahan menamakan bahwa air rebusan daun serasa diklaim dapat mengobati katarak. Yaitu dengan prinsip meneteskan air tersebut sreg alat penglihatan.

Unggahan tersebut beredar di media sosial Facebook pada 28 Mei 2020.

Berikut ini di antaranya cerita nan menyebutkan manfaat daun sirih untuk mengatasi katarak:

Beras ketan mulai sejak tanaman suruhan ini juga sangat bermakna bakal dipakai sebagai obat ampas gula mata sebagai obat katarak, infeksi indra penglihatan, radang dan bineka masalah alat penglihatan lainnya,” tulis pengunggah dalam status Facebook.


Facebook: Dokter herbal
Tangkapan layar akan halnya kelebihan air rebusan patera sirih yang disebut dapat obati katarak.

SALAM SEHAT Daun SURUHAN / SIRIH CHINA Daun suruhan nan juga dikenal dengan nama daun penginapan air mempunyai…

Dikirim oleh Dokter Herbal pada Alat pernapasan, 27 Mei 2020

Tidak hanya disebut bermanfaat bikin memulihkan katarak plong mata, air rebusan daun sirih pun diklaim dapat mengobati nyeri pengarah, mengatasi nyeri, mengobati pegal nyeri, memulihkan asam urat, hingga mengobati radang mata.

Selama ini, unggahan tersebut sudah di sukai sebanyak 170 kali dan sudah dibagikan sebanyak 175 barangkali oleh pengguna Facebook lainnya.

Tetapi informasi manfaat daun sirih ini dibantah makanya mantri spesialis ain Ferdiriva Hamzah pada Jumat, (20/11/2020).

Melangkaui akun twitternya, @ferdiriva mengungkapkan bahwa air rebusan daun serasa apalagi menimbulkan iritasi dan baja plong mata.

Imbauan ini mendapatkan respons cukup banyak dari warganet, yaitu sebesar 547 kali re-twit dan 667 kali disukai.

Baca :   Contoh Agenda Rapat Dan Susunan Acara Rapat

Baca juga: Jangan Sembarangan Pakai Obat Tetes Mata, Boleh Sebabkan Kebutaan

Penjelasan dokter

Menanggapi situasi itu, medikus spesialis ain dari Departemen Ilmu Kesehatan Mata, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-RSCM Kirana, DR dr Gitalisa Andayani, SpM(K) mengatakankan bahwa air rebusan daun sirih yang diklaim dapat mengobati katarak atau gangguan mata adalah hoaks atau tidak benar.

Ia menguraikan, ekstrak daun sirih mengandung efek antiseptik, belaka pemrosesannya burung laut dilakukan di rumah.

Sehingga umum tidak dapat mengontrol konsentrasi, pH, dan lainnya, sebagaimana layaknya penawar kedokteran.

“Dan karena patera sirih bulan-bulanan organik, selalu ada risiko tumbuh jasad renik, termasuk baja. Sehingga, yang terjadi bahkan infeksi indra penglihatan,” ujar Gitalisa saat dihubungi
Kompas.com, Jumat (20/11/2020).

“Kami para dukun mata cukup belalah mendapatkan kasus infeksi kornea (keratitis) karena infeksi pupuk, lega pasien yang sebelumnya diberi air rebusan daun sirih,” lanjut dia.

Gitalisa menguraikan, pada prinsipnya, mata merupakan organ temperamental dan dapat mudah terinfeksi.

Semata-mata di sebelah lain mata memiliki proteksi alami, sehingga sebetulnya tidak perlu melimpahi pemohon apapun, bila tidak cak semau indikasi medis.

Tercalit keadaan ini, Gitalisa mengatakan bahwa jika mengalami kelainan netra, sebaiknya langsung memeriksakannya ke dokter spesialis mata.

Baca juga: Katarak: Gejala, Penyebab, Prinsip Mengobati, dan Kaidah Mencegah

Komplikasi katarak

Selain itu, dukun yang kembali bagaikan humas di Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) ini mengimbau kepada masyarakat agar bukan mudah percaya dengan produk-produk yang diklaim dapat menyembuhkan katarak.

“Karena katarak obatnya sekadar persuasi katarak (kecuali tahap-tahap awal di mana katarak masih tipis, masih bisa dibantu kacamata),” ucap Gitalisa.

Apabila sudah mengganggu kegiatan sehari-masa, penyakit katarak sebaiknya lekas dilakukan tindakan operasi.

Baca :   Cara Bikin Dompet Dari Kertas

Obat tetes mata

Ia menambahkan, infeksi, radang mata, dan lainnya hanya bisa diobati dengan obat medis yang boleh diperoleh atas resep medikus.

“Boleh diobati sekiranya mata merah, dicoba obati sangat dengan tengguli mata antiseptik yang bisa dibeli di apotek, tapi setelah maksimal 3 perian enggak membaik, buru-buru ke dukun,” lanjur engkau.

Terkait maraknya informasi beragam terapi gangguan mata, Gitalisa mengimbau masyarakat kerjakan bukan menyerahkan air rebusan sirih ketika mata bangkang, penglihatan tidak memburam.

Ia menganjurkan pas kerjakan memberikan penawar tetes netra saja yang dijual di apotek.

“Cak semau obat tetes mata nan manjur ‘xitrol’, namun penggunaannya harus dengan taktik dokter. Kami pun saran jangan pakai air rebusan serasa, karena bisa menyebabkan katarak dan glaukoma bisa dipakai jangka panjang atau majuh,” ujar Gitalisa.

Baca juga: 8 Penyebab Katarak pada Anak yang Perlu Diwaspadai

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap hari bersumber Kompas.com. Mari berintegrasi di Grup Kawat “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://horizon.me/kompascomupdate, kemudian join. Engkau harus install aplikasi Telegram tambahan pula dulu di ponsel.

Manfaat Daun Sirih Untuk Mata Katarak Pada Burung

Source: https://www.kompas.com/tren/read/2020/11/20/124815965/benarkah-air-rebusan-daun-sirih-bisa-obati-katarak-ini-penjelasan-medisnya?page=all

Check Also

Manfaat Madu Untuk Lovebird

Manfaat Madu Untuk Lovebird Maslahat madu – Madu ialah materi alami yang dihasilkan oleh lebah …