Sogok Ontong Trotol Jantan

allison-janney.com – Sogok Ontong Trotol Jantan

Cara Membedakan Sogon kudrati/anakan Jantan dan Betina_burung madu sriganti (bahasa Latin: Nectarinia jugularis) atau absah kita kenal SOGON atau Sogok Ontong adalah macam butuh dari keluarga Nectariniidae, berpangkal genusNectarinia. Burung ini yakni jenis burung pemakan nektar Benalu, Mengkudu, Pepaya, Dadap, serangga kecil, laba-laba dan memiliki habitat di pekarangan, semak rantau, hutan mangrove dan persawahan serta perbukitan nan memiliki banyak pohon baik pohon berukuran tinggi ataupun pohon berukuran terbatas sebagaimana semak belukar.butuh istri muda sriganti atau sogon lazimnya juga sangat gampang ditemukan didaerah dekat aliran sungai dan sewaktu-waktu sekali lagi membut sangat di tanaman yang lewat pendek ataupun di jukut hampir sirkulasi bengawan.

Kontol Madu Sriganti atau Sogon memiliki ukuran awak kecil yang tak kalah berbeda dengan macam ceceh madu lainnya dengan panjang hanya sekitar 10 cm tetapi. Burung ini tersebar tidak hanya ada di kewedanan jenggala Indonesia tapi juga terwalak di bermacam-macam negara lainnya yang menghampari Tiongkok, Australia, Myanmar, Thailand, Filipina, Malaysia, dan Bangladesh. Sedangkan penyebaran zakar Madu Sriganti di rimba Indonesia terdapat di Pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, dan bilang pulau lainnya.untuk momen ini kalam madu sriganti atau sogon populasinya di Indonesia terus melandai karena banyaknya penangkapan liar secara membabibuta.apalagi sekarang Sogon sangat banyak diminati dikalangan kicau obsesi Indonesia baik hanya lakukan sekedar bintang sartan peliharaan,masteran burung lain sebagai halnya kacer,murai batu,cucak hijau dan pun sebagai pelir lomba alias kontes.karena sekarang juga sudah sangat banyak di buka kontes atau gantangan Sogon olih EO mungil di daerah alias oleh EO yang mutakadim kenamaan.oleh sebab itu harga Sogon baik bakalan maupun alamat mulai melejit.yang awal tidak ada harganya sekarang memiliki harga strata.terutama yang biasa menjuarai kontes bisa di hargai jutaan Rupiah.

Baca :   Macam Macam Burung Elang

Kehidupan titit yang pula dipanggil dengan nama Sogok Ontong(Sogon) ini di alam liar biasanya menghuni area hutan longo yang suka-suka di dataran rendah sebatas pegunungan. Selain itu, macam burung madu ini sering kali semangat secara berkelompok dengan mendiami kawasan perkebunan, pekarangan apartemen, taman, semak belukar, dan jenggala mangrove. Jenis makanan yang sering disantapnya pun enggak hanya berpokok mulai sejak nektar maupun pati bunga saja. tapi sekali lagi menyantap beraneka macam jenis buah-buahan yang mengandung banyak gula seperti keliki, mengkudu, dadap, dan serangga katai.
Mengenai ciri jasad burung yang bernama latin Cinnyris jugularis ini tidak hanya dikenal n kepunyaan ukuran tubuh yang mungil tapi sekali lagi penampilan yang menarik. Warna tubuh burung Madu Sriganti terdiri dari beberapa warna yakni kuning, hijau zaitun, ungu kehitaman metalik, dan cokelat. Warna kuning tampak membentangi provinsi bawah tubuhnya mulai dari pangkal tembolok sampai dengan tunggir. Warna hijau oliva terlihat di bagian atas tubuhnya mulai berpokok pemimpin, tengkuk, telapak, dan sayapnya. Warna ungu kehitaman metalik kelihatan di putaran pembuluh dan dadanya. Warna cokelat ada di bagian depan wajah dan asal sayapnya.

Ciri lainnya yang boleh dikenali terbit burung Madu Sriganti atau Sogon adalah paruhnya yang berwarna hitam bermatra cukup pangkat. Paruh hierarki tersebut berbentuk tipis dan runcing di bagian ujungnya. Bagian lehernya berukuran taksir panjang dengan mata yang tampak besar berwarna kehitaman. Selain itu, fiil burung Madu Sriganti terkenal ribut dengan mengeluarkan kicauannya bersama kawanannya. Bersama-sama berlambak di atas ranting tumbuhan atau di pucuk tanaman burung ini suka mengeluarkan repetan hasnya. obstulen omelan zakar Madu Sriganti tergolong merdu dan nyaring dengan mampu mengeluarkan suara bervolume pas tinggi. Suara kicauannya tidak doang terdengar melengking tapi juga berirama dengan nada awal nan datar lalu diikuti nada berikutnya yang bertempo cukup berhimpit mirip kritik tembakan butuh kolibri ninja dan tidak kalah juga dengan suara butuh kenari,karena celaan burung sembayan sriganti memiliki ciri khasnya sendiri.

Baca :   Cara Membuat Lovebird Jantan Konslet

Cara Membedakan Sogon nirmala/bunga Nekat dan Betina :




Untuk membedakan spesies kelamin anakan kalam Sogok Ontong ataupun Sogon Jantan atau lebah ratulebah pastinya juga habis mudah sekiranya sudah remaja. Ini disebabkan karena ciri-ciri Sogon jantan dan betina sangatlah mudah untuk dikenali.Karena ceceh Sogok Ontong maupun Sogon bagak boleh dilihat dengan adanya bintik metalik yang terpandang berwarna hitam di bagian pangkal dagu burung sogon. Sementara itu, cak bagi burung Sogok Ontong atau sogon nan berjenis kelamin lebah ratulebah tidak suka-suka tutul bercat hitam metalik dan terlihat berwarna kuning polos.



Padahal bikin pelir Sogok Ontong atau Sogon nan masih bersih/anakan atau yang belum keluar metaliknya sesekali, bikin banyak orang kelihatannya dinilai sangat lah pelik dan terik kerjakan dibedakan. Lebih lagi lagi untuk kicau kegandrungan yang masih awam adapun burung Sogon atau burung madu sriganti.Karena sekiranya masih anakan alias polos, baik butuh sogon bahaduri ataupun burung sogon betina belum menunjukkan perbedaan apapun,kecuali untuk yang sudah lalu perlu dan sanngat jeli dalam mengamatinya.pastilah terlihat ada perbedaan antara sogon bahaduri dan betina nan masih anakan atau murni,apalagi perbedaannya sangatlah jelas.

Cara Membedakan Sogon bersih/rente Jantan dan Betina :




Sogon Anakan maupun Polos Bahaduri :

  • Puas Titit Sogon rente atau polos bahadur memiliki rambut diseluruh tubuh yang terlihat kurat
  • Paruh terlihat lebih panjang dan lebih baplang serta memiliki warna hitam pekat
  • Memiliki Alis bercat asfar cerah dan terlihat panjang serta lebih baplang
  • kaki tampak makin jenjang dan besar
  • Postur Tubuh makin tegap
  • Kepala bertambah besar dan terbantah kira papak
  • Mata terlihat melotot serta punya tatapan tajam
  • Pangkal paruh kelihatan berwarna oren takdirnya masih sangat muda
  • Ekor sering mekar
Baca :   Fatwa Mui Tentang Olymp Trade

Sogon Bunga alias Polos Betina :

  • Bagi sogon polos atau anakan betina warna rambut disegujur tubuhnya terbantah lebih kusam dibanding nan jantan.
  • Paruh tampak lebih pendek dan lebih tipis serta punya warna nan tidak sesak hitam
  • Memiliki alis ringkas dan tipis serta warna kusam
  • kaki terlihat makin ringkas dan kecil
  • postur tubuh makin membongkok dan terpandang samudra atau buntar.
  • kepala tampak lebih kecil dan leher kian singkat
  • mata tertentang kian kecil jika dibanding yang kesatria
  • Pangkal perdua tertentang bercelup kuning bukan oren.
  • Ekor warna pucat dan sering menumpung.
Ciri-ciri Sogon anakan jantan dan betina

ya pas sekian dahulu,semoga garitan saya ini kontributif dalam mengidas anakan sogon bahaduri.bila ada kehabisan silahkan ditambahkan di ruangan komentar seandainya cukup kondusif silahkan dibagikan keteman-teman yang tidak..

salam kicau mania..

RKD BF

Sogok Ontong Trotol Jantan

Source: http://www.rumahkicaudida.com/2019/06/cara-membedakan-sogon-polosanakan.html

Check Also

Manfaat Madu Untuk Lovebird

Manfaat Madu Untuk Lovebird Maslahat madu – Madu ialah materi alami yang dihasilkan oleh lebah …