Surah Yasin Ayat 52

Surah Yasin Ayat 52

Daftar Isi > Yaa Siin > Yasin 52

Surat Yasin Ayat 52




قَالُوا۟ يَٰوَيْلَنَا مَنۢ بَعَثَنَا مِن مَّرْقَدِنَا ۜ ۗ هَٰذَا مَا وَعَدَ ٱلرَّحْمَٰنُ وَصَدَقَ ٱلْمُرْسَلُونَ

Arab-Latin:
Qālụ yā wailanā mam ba’aṡanā mim marqadinā hāżā mā wa’adar-raḥmānu wa ṣadaqal-mursalụn

Artinya:
Mereka berkata: “Aduhai celakalah kami! Siapakah yang membangkitkan kami dari palagan-tidur kami (kubur)?”. Inilah yang dijanjikan (Tuhan) Yang Maha Pemurah dan benarlah Nabi-rasul(Nya).

« Yasin 51 ✵ Yasin 53 »

Prodeo!
Dapatkan pahala jariyah dan buku Jalan Rezeki Mampu, klik di sini untuk detailnya

Tafsir Akta Yasin Ayat 52 (Terjemah Arti)

Paragraf di atas yakni Akta Yasin Ayat 52 dengan text arab, latin dan artinya. Terdokumentasi himpunan penafsiran dari para mufassirun berkaitan makna tindasan Yasin ayat 52, antara bukan begitu juga berikut:



Kata tambahan Al-Muyassar / Departemen Agama Saudi Arabia

Orang-orang yang mendustakan kebangkitan merenjeng lidah dengan mumbung penyesalan, ”wahai alangkah celakanya kami, siapa nan mengeluarkan kami berusul kubur kami?” mereka dijawab, ”inilah yang dijanjikan Halikuljabbar yang maha pengasih dan disampaikan oleh para nabi yang moralistis. ”




Tafsir Al-Mukhtashar / Markaz Kata keterangan Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr. Shalih kedelai Abdullah bin Humaid (Imam Masjidil Haram)

52. Bani adam-orang kafir yang mendustakan Kebangkitan itu bertutur dengan munjung penyesalan, “Duhai betapa meruginya kami. Siapa gerangan yang membangunkan kami berpangkal kubur kami? Maka pertanyaan mereka pun dijawab, “Inilah yang sudah lalu Allah janjikan, ini pasti terjadi, para Nabi telah bertutur etis tentang apa yang mereka sampaikan berbunga Rabb mereka.




Tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah / Markaz Ta’dzhim al-Qur’an di bawah penapisan Syaikh Prof. Dr. Imad Zuhair Hafidz, professor fakultas al-Qur’an Perguruan tinggi Islam Madinah

52. Setelah dibangkitkan, cucu adam-insan yang mendustakan akan berkata dengan penuh penyesalan: “Celaka dan binasalah kami, mana tahu yang mutakadim kobar dan mengecualikan kami dari kubur?”

Baca :   Kata Kata Untuk Ayah Di Buku Yasin

Kemudian mereka akan dijawab: “Inilah nan dijanjikan Allah Yang Maha Pengasih dan disampaikan oleh para rasul, sekarang telah terjadi, akan tetapi kalian suntuk mendustakannya.”


Cuma-cuma!
Dapatkan pahala jariyah dan trik Perkembangan Alat pencernaan Berlimpah, klik di sini untuk detailnya



Zubdatut Tafsir Min Fathil Qadir / Syaikh Dr. Muhammad Sulaiman Al Asyqar, mudarris tafsir Perguruan tinggi Islam Madinah

52. قَالُوا۟ يٰوَيْلَنَا مَنۢ بَعَثَنَا مِن مَّرْقَدِنَا ۜ ۗ (Mereka berbicara: “Aduhai celakalah kami! Siapakah yang membangkitkan kami dari palagan-tidur kami (kubur)?”)
Karena kebingungan akal bulus mereka akibat menyibuk keheranan apa nan mereka saksikan, mereka mengasa sebelumnya dalam tidur.

هٰذَا مَا وَعَدَ الرَّحْمٰنُ وَصَدَقَ الْمُرْسَلُونَ(Inilah yang dijanjikan (Tuhan) Nan Maha Pemurah dan benarlah Nabi-rasul(Nya))
Akhirnya mereka tersadar, dan merasa bahwa mereka sebelumnya mati kemudian dibangkitkan, serta mereka mengamini kebenaran para rasul di hari yang tidak bermanfaat lagi pembenaran.




Kata tambahan Al-Wajiz / Syaikh Prof. Dr. Wahbah az-Zuhaili, juru fiqih dan tafsir negeri Suriah

52. Khalayak-sosok nan memungkirkan hari kebangkitan mengomong: “Celakalah kami! Siapakah nan membebaskan kami bermula petiduran?” Mereka mengatakan itu karena terlampau meleleh. Kemudian malaikat menjawab mereka: “Ini adalah kebangkitan yang dijanjikan oleh Dzat yang Maha Pemurah kepada hamba-hambaNya. Dan para nabi dan rasul menasdikkan apa yang mereka kabarkan tentangnya yaitu mengenai datangnya masa kebangkitan”




Kata tambahan Ash-Shaghir / Fayiz polong Sayyaf As-Sariih, dimuraja’ah makanya Syaikh Prof. Dr. Abdullah bin Abdul Aziz al-‘Awaji, professor kata keterangan Univ Selam Madinah

Mereka merenjeng lidah,“Celakalah kami. Siapakah yang telah kobar kami} menghidupkan kami {dari palagan tidur kami} kubur kami {“Inilah apa yang dijanjikan Dzat Yang Maha Pengasih dan benarlah para rasul itu

Baca :   Cara Memasang Dasi Yang Benar


Cuma-cuma!
Dapatkan pahala jariyah dan kancing Jalan Perut Berlimpah, klik di sini lakukan detailnya



Tafsir as-Sa’di / Syaikh Abdurrahman polong Nashir as-Sa’di, juru tafsir abad 14 H

52. dan dalam kondisi itu orang-orang yang mendustakan bersedih dan menampakan curahan hati dan penyasalan. Dan mereka berkata, ’aduh celakalah kami! Siapakah yang menggarangkan kami bersumber tempat tidur kami?” maksudnya, dari tidur kami n domestik kubur. Hal ini Karena disebutkan di internal sejumlah hadits bahwa ahli kubur itu mengalami tidur bilamana-momen sebelum peniupan sangkakala.
Lalu mereka dijawab dan dikatakan kepada mereka, “inilah yang dijanjikan Allah Yang Maha Pengasih dan benarlah para rasul itu,” maksudnya, inilah yang dijanjikan oleh Allah kepada kalian dan dijanjikan oleh para nabi kepada kalian. Di sinilah tampak kebenaran mereka dengan dilihat maka dari itu pandangan indra penglihatan.
Anda jangan menyahajakan bahwa penyertaan introduksi ar-rahman plong ayat ini hanya sekedar buat pengumuman tentang janjiNya. Peristiwa ini sepatutnya ada yakni untuk menginformasikan bahwa lega hari yang silam berpenjaga itu mereka akan melihat sebagian dari hadiah (anugerah saying-Nya yang belum perantaraan terniat dalam postulat dan tidak pernah disangka-sangka oleh siapapun, seperti difirmankanNya,
“kerajaan momen itu hanya milik Allah Nan Maha Pengasih,” (al-furqan:26)
“semua manusia tunduk kepada Allah Yang Maha Pengasih,” (thaha:108)

dan ayat-ayat lainnya yang disana disebutkan prolog “ar-rahman” dalam masalah ini.




An-Nafahat Al-Makkiyah / Syaikh Muhammad bin Shalih asy-Syawi

Surat Yasin ayat 52: Berkata insan-basyar yang mendustakan hari kebangkitan: Celakalah kami, binasalah kami, kali yang mengecualikan kami dari kubur kami dan menyalakan kami ?! Maka dikatakan kepada mereka: inilah hari kebangkitan yang Allah janjikan atas kalian, sedangkan kalian mengolok-olok dengannya dan meminang untuk menyegerakannya. inilah hari kebangkitan yang telah di kabarkan kepada kalian yaitu kabar dari Rasul kami yang valid, nan telah kalian dustakan.

Baca :   Sogok Ontong Trotol Jantan




Hidayatul Insan bi Tafsiril Qur’an / Ustadz Marwan Hadidi bin Musa, M.Pd.I

Pada periode itu, basyar-bani adam nan mendustakan bersedih dan menampakkan penyesalan.

Sangat dikatakan kepada mereka.

Syaikh As Sa’diy berkata, “Jangan sira nyana bahwa disebutkan Ar Rahman (Yang Maha Pemurah) di sini doang untuk memberitakan janji-Nya, justru bakal memberitahukan bahwa pada hari yang besar itu mereka akan mengintai sebagian dari rahmat-Nya yang tidak pernah terkenang di pikiran dan tidak pertalian disangka oleh sosok-bani adam yang menyangka…dst.”


Gratis!
Dapatkan pahala jariyah dan buku Perkembangan Rezeki Berlimpah, klik di sini lakukan detailnya



Adverbia Sumir Kementrian Agama RI / Surat Yasin Ayat 52

Sosok-orang kafir itu kaget dan heran pron bila dibangkitkan. Me-reka berucap, ‘celakalah kami! siapakah yang menggiatkan kami dari tempat tidur kami di pataka kubur” mereka berkata demikian karena akan menghadapi kesulitan dan malapetaka nan lebih samudra. Adapun orang-orang beriman akan bersabda, ‘inilah hari kebangkitan nan dijanjikan makanya Sang pencipta yang maha pengasih, dan benarlah apa yang disampaikan maka dari itu nabi-rasul-Nya. ’53. Teriakan laksana pertanda kebangkitan itu hanya sekali saja, maka seketika itu mereka semua dihadapkan kepada kami bikin dihisab. Ayat ini menerangkan betapa mudah untuk Halikuljabbar lakukan membangkitkan seluruh umat manusia (lihat pula: surah an-na’l/16: 77).


Prodeo!
Dapatkan pahala jariyah dan kiat Jalan Rahim Bernas, klik di sini buat detailnya

Demikian heterogen penjabaran terbit landasan juru kata tambahan berkaitan isi dan guna piagam Yasin ayat 52 (arab-latin dan artinya), moga-sebaiknya berarti bakal kita. Dukunglah sambutan kami dengan
menyambung tautan
menuju halaman ini atau menentang pelataran depan TafsirWeb.com.

Surah Yasin Ayat 52

Source: https://tafsirweb.com/8008-surat-yasin-ayat-52.html

Check Also

Manfaat Madu Untuk Lovebird

Manfaat Madu Untuk Lovebird Maslahat madu – Madu ialah materi alami yang dihasilkan oleh lebah …